Home » , » Manfaat Lengkuas atau Laos

Manfaat Lengkuas atau Laos

Written By Unknown on Selasa, 15 April 2014 | 10.55

Manfaat lengkuas www.manfaat-rempah.blogspot.com
Manfaat Lengkuas/laos

Lengkuas yang lebih sering dikenal dengan laos adalah salah satu jenis rempah yang sering di jumpai di dapur. Tanaman ini merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang mudah untuk di dapatkan terutama di daerah tropis. Pada umumnya lengkuas digunakan sebagai campuran bumbu masak.

Lengkuas memiliki ciri-ciri morfologis sebagai berikut: hampir mirip dengan pohon pisang, lengkuas memiliki batang yang seluruhnya ditutupi pelepah daun bertipe batang semu. Daunnya merupakan daun tunggal berbentuk memanjang, ujungnya runcing, tepinya rata dan bertangkai pendek, dan berwarna hijau.

Lengkuas memiliki sifat panas atau pedas karena di dalam lengkuas terkandung atsiri. Rimpang lengkuas memiliki kurang lebih 1% minyak atsiri. Selain itu di dalam lengkuas juga terdapat galangol, kaemferida, galangin, kadinen, heksabidrokadalen hidrat.

Di Indonesia lengkuas paling sering dimanfaatkan sebagai bumbu masak karena  terkenal menghasilkan rasa yang nikmat pada makanan. selain itu rempah ini juga memiliki banyak manfaat yang sudah dikenal masyarakat luas, diantaranya :

  1. Sebagai anti tumor,menurut penelitian kandungan senyawa transkoniferil disasetat, asetoksi chavikol asetat, asetosi eugenol mampu menghambat enzim xanthin oksidase.
  2. Mengobati penyakit kulit borok, panu, kudis dan koreng. Rimpang lengkuas cukup di oleskan pada bagian kulit yang sakit.
  3. Membantu mengatasi penyakit reumatik. Rimpang lengkuas dipotong dan direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan tersebut digunakan untuk mandi.
  4. Meredakan penderita mabuk laut.
  5. Menambah nafsu makan.
  6. Melancarkan peredaran darah.
  7. Masih banyak lagi manfaat yang lain.
Demikian tadi sedikit informasi tentang manfaat lengkuas yang bisa dibagi. Semoga bisa memberikan manfaat kepada pembaca
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Penayangan

Populer

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Manfaat Rempah-rempah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger