Home » , » Manfaat Kunyit

Manfaat Kunyit

Written By Unknown on Selasa, 15 April 2014 | 21.39

Manfaat rempah kunyit
Kunyit

Kunyit atau yang dikenal dengan nama kunir (jawa) adalah salah satu rempah khas indonesia yang memiliki manfaat luar biasa. Tanaman ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kunyit juga digunakan sebagai pewarna kuning pada makanan. Karena merupakan bahan alami maka tidak menimbulkan efek samping. Namun demikian, kunyit tidak hanay dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan atau pewarna alami makanan. Kunyit juga banyak dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Tanaman kunyit banyak di budidayakan di Indonesia, karena merupakan tanaman obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kunyit memiliki nama latin Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestical Val, dengan klasifikasi kingdom plantae subkingdom tracheobionta (tumbuhan berpembuluh) superdivisi spermatophyta (tumbuhan biji) divisi magnoliophyta (tumbuhan berbunga) kelas liliopsida (biji berkeping satu) sub kelas commelinidae, ordo zingiberales, famili zingiberaceae (jahe-jahean) genus curcuma.

Pada umumnya kunyit memiliki batang dengan ketinggian 10 sampai 100 cm yang merupakan batang semu tegak dan cenderung bulat. Pada bagian daun berbentuk bulat telur dengan warna hijau dan panjangnya  bisa mencapai kurang lebih 40 cm dengan lebar mencapai 12 cm. Daun  pada kunyit ini merupakan daun dengan tulang menyirip.

Selain untuk bumbu masakan dan pewarna alami makanan, kunyit juga memiliki manfaat yang banyak dalam bidang kesehatan. Manfaat rempah yang satu ini diantaranya adalah :

  1. Membantu menyembuhkan luka
  2. Memperlancar sistem pencernaan
  3. Menambah nafsu makan
  4. Dapat mencegah penyakit keputihan
  5. Memperlancar dan mengurangi nyeri saat haid
  6. Mengandung antioksidan dan anti peradangan
  7. Memperlambat penyebaran dan pertumbuhan tumor
  8. Menghaluskan kulit
Untuk mendapatkan manfaat kunyit bagi kesehatan, Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk serbuk atau kapsul. Bisa juga dibuat minuman seperti jamu. Namun mengkonsumsi kunyit secara berlebihan ternyata dapat berdampak kurang baik pada hati. Jadi sebaiknya masih dalam batas wajar sesuai anjuran. 

Demikian tadi sedikit definisi dan manfaat rempah kunyit, semoga memberikan manfaat.



Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Penayangan

Populer

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Manfaat Rempah-rempah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger