Home » , » Manfaat Jahe

Manfaat Jahe

Written By Unknown on Selasa, 14 Januari 2014 | 21.43

Manfaat jahe
Jahe
Jahe adalah tanaman yang sangat populer sebagai tanaman obat dan rempah-rempah. Tanaman ini masuk kedalam suku Zingiberaceae. Jahe dikenal dengan nama ginger (inggris).

Pada umumnya jahe memiliki batang dengan tinggi 30 sampai 100 meter, daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan tangkai daun berbulu halus. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan. Sedangkan akarnya tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur. Gagang bunga pada tumbuhan ini bersisik sebanyak 5 hingga 7 buah. Bunganya berwarna hijau kekuningan.

Terdapat tiga jenis varietas jahe yaitu : Jahe merah, Jahe kuning dan jahe gajah. Jahe kuning merupakan jahe yang paling banyak dipakai sebagai bumbu masakan, terutama untuk konsumsi lokal, ukurannya sedang dengan warna kuning. Jahe merah, jahe jenis ini memiliki kandungan minyak atsiri dan rasa paling pedas. Cocok digunakan sebagai bahan jamu. Yang terakhir adalah jahe gajah atau juga dikenal dengan jahe badak. Sesuai dengan namanya jahe ini merupakan jahe yang memiliki ukuran terbesar dijenisnya. Jahe gajah merupakan yang paling banyak digemari di pasar internasional karena bentuknya yang besar dan rasanya tidak terlalu pedas.
Manfaat rempah jahe
Kandungan jahe memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh manusia. Senyawa Phenol yang memiliki efek anti radang ampuh mengusir penyakit sendi. Jahe juga berfungsi sebagai anti oksidan. selain itu tanaman ini memiliki manfaat lain, diantaranya :

  1. Obat mual dan masuk angin
  2. Menangkal radikal bebas
  3. Menurunkan tekanan darah
  4. Melancarkan peredaran darah
  5. Mengobati reumatik
  6. Obat sakit perut
  7. Menurunkan kolesterol
  8. Mengurangi migrain


Demikian tadi sedikit informasi mengenai manfaat tanaman jahe yang bisa saya share. Semoga memberikan manfaat.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Penayangan

Populer

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Manfaat Rempah-rempah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger